Topologi Jaringan Pada Komputer


 



 Pengertian Topologi Jaringan


Topologi jaringan adalah suatu cara untuk menghubungkan satu atau banyak komputer sekaligus  menjadi sebuah jaringan yang saling terkoneksi. Dalam topologi jaringan terdapat beberapa macam cara yang berbeda dari segi biaya, kecepatan pengiriman data, serta kemudahan dalam proses maintenance. Beberapa macam topologi jaringan diantaranya adalah topologi star, bus, ring, mesh dan tree. Dari setiap topologi jaringan tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.


1. Topologi Star

Dalam topologi star nampak terlihat seperti bintang, karena semua komputer terhubung ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP. Yang menjadi pusat lalu lintas data adalah hub/switch, selain menjadi pusat lalu lintas data hub/switch juga mengontrol lalu lintas data. Silahkan lihat gambar dibawah ini :









Kelebihan dari topologi ini adalah tingkat keamanan data lebih tinggi, lebih mudah mendeteksi komputer yang mengalami masalah, dan jika ingin menambahkan ataupun mengurangi komputer baru lebih mudah tanpa mengganggu komputer lain.

Kekurangan topologi ini adalah biaya yang cukup mahal karena memerlukan banyak kabel UTP, serta jika hub/switch mengalami kerusakan atau gangguan maka semua komputer akan ikut terganggu.



2. Topologi Bus

Topologi ini seperti antrian yang tersusun rapi dengan menggunakan satu kabel coaxial, penghubung pada setiap komputer dengan menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus ditutup mengunakan terminator. Berikut contoh gambarnya :


Kelebihan topologi ini adalah kabel yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga menghemat biaya pemasangan.

Kekurangan topologi ini adalah jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater, dan jika satu komputer mengalami gangguan akan mengganggu komputer yang lain dan juga sulit untuk mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan.



3. Topologi Ring

 Pada topologi ring, setiap komputer dihubungkan dengan komputer lain hingga kembali ke komputer utama yang membentuk seperti lingkaran. Pada topologi ini komputer berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.

Kelebihan topoogi ini adalah hemat biaya karena kabel yang digunakan tidak terlalu banyak dan kemudahan proses instalasi.

Kekurangan topologi ini adalah jika salah satu komputer atau kabel bermasalah maka pengiriman data akan eror.



4. Topologi Mesh

Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.



Kelebihan dari topologi ini adalah jika salah satu komputer mengalamai kerusakan tidak akan mengganggu komputer yang lain dan pengiriman data lebih cepat.

Kekurangan dari topologi ini adalah memelurkan banyak biaya karena membutuhkan banyak kabel dan setiap komputer harus memiliki port I/O dengan instalasi yang cukup rumit.



5. Topologi Tree

Topologi ini merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.








Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.

Kekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.
Previous
Next Post »