Ubuntu Meluncurkan Smartphone Pertamanya



Nama Smartphone mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat, dengan Pabrikan kelas atas seperti Samsung, Nokia, Acer, Blackcerry, dan lain-lain. Dengan mengusung sistem operasi Android yang paling banyak digunakan hingga Windows pun sudah menjadi sistem operasi dalam sebuah smartphone.

Tapi pernahkah anda mendengar Smartphone dengan sistem operasi Ubuntu?
Ya, baru-baru ini Ubuntu mengeluarkan smartphone pertamanya yang mengusung sistem operasi Ubuntu yang akan tiba di ritel Eropa pada 9 Februari 2015 ini.

Smartphone yang diberi nama The Aquaris E4.5 ini akan dijual dengan strategi penjualan kilat di seluruh benua dengan harga 169.90 euros atau sekitar 195 US dollar atau sekitar Rp 2.471.000 dalam rupiah.

Strategi peluncuran kilat ini dilakukan sebagai cara untuk mengukur seberapa banyak permintaan dan tanggapan dari para konsumen sebelum smartphone ini di distribusikan ke masyarakat luas.

Smartphone berbasis Linux ini dikembangkan di Inggris oleh Canonical, sedangkan dikembangkan dan dan diproduksi oleh BQ sebuah perusahaan teknologi yang berada di Spanyol yang telah memproduksi perangkat keras Android.

Ini adalah usaha kedua membawa handset ke pasar. Sebelumnya, usaha pemasaran secara online mengalami kegagalan dan hasilnya jauh dari tujuan pemasaran. Meskipun mengalami kegagalan para pengembang percaya masih ada pasar yang belum dimanfaatkan untuk handset dengan harga terjangkau.

CEO Canonical, Jane Silber mengatakan "Peluncuran smartphone Ubuntu pertama adalah tonggak penting."
"Pengalaman baru kami memberikan bagi pengguna, serta peluang untuk diferensiasi bagi produsen dan operator, adalah perubahan yang menarik dan sangat dibutuhkan dari apa yang tersedia saat ini," tambah Silber.


Open Source Handset 

The Aquaris ditujukan untuk pasar menengah kebawah, memiliki fitur layar 4,5 inch, kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Sementara itu OS Ubuntu dapat menjalankan aplikasi yang dibuat dengan pemograman HTML5 atau QML, user interface dibangun dengan teknologi Canonical Scopes.
Hal ini di rancang untuk meniru Google personal assistant. Canonical mencatat bahwa ini adalah penciptaan kembali dari UI ponsel yang dimaksudkan untuk menyajikan layanan digital yang paling penting bagi pengguna handset. Ini termasuk layanan seperti jejaring sosial, web, foto, musik dan layanan lokal, masing-masing ditempatkan langsung pada layar.

Berikut beberapa tampilan fitur dari The Aquaris 


Namun, UI ponsel ini benar-benar bisa bermain melawan kekuatan Ubuntu sebagai desktop platform.

"Untuk mendorong ekosistem pihak ketiga mereka telah membangun pengalaman di sekitar HTML5," kata Ian Fogg, direktur senior dan kepala tim mobile dan telekomunikasi di IHS Screen Digest.

Untuk Aquaris E4.5 "Canonical telah bermitra dengan pembuat perangkat kecil, yang menghasilkan end smartphone yang rendah dengan prosesor sederhana," kata Fogg LinuxInsider. "Itu sangat berbeda dari apa yang biasanya ditawarkan kepada pengguna cerdas Linux pada desktop. Canonical, dengan handset OS yang bergerak dalam arah yang sangat berbeda." 
Previous
Next Post »